skripsi bab II

BAB II

TINJAUAN UMUM

2.1. Sejarah Perusahaan

Tuntutan pemekaran Kabupaten Kepulauan Meranti sudah diperjuangkan oleh masyarakat sejak tahun 1957. Seruan pemekaran kembali diembuskan tahun 1970 dan 1990-an hingga tahun 2008. Yang merupakan satu-satunya daerah di Riau yang belum dimekarkan saat itu. Pada tanggal 19 Desember 2008, Dewan Perwakilan Rakyak Republik Indinesia atau DPR RI mengesahkan pembentukan Kabupaten Kepulauan Meranti di Riau yang terpisah dari Kabupaten Bengkalis.

Kabupaten Kepulauan Meranti adalah salah satu kabupaten di Provinsi Riau, Indonesia. Beribukota di Selatpanjang, Pulau Tebing Tinggi, terpisah dari Pulau Sumatera.

Batas Wilayah bagian utara Utara dibatasi oleh Selat Malaka, Kabupaten Bengkalis. Bagian Selatan dibatasi oleh Kabupaten Siak. Bagian Barat dibatasi oleh Kabupaten Bengkalis. Bagian Timur dibatasi oleh Kabupaten Karimun.

Secara administratif, Kabupaten Kepulauan Meranti terdiri dari 5 kecamatan dan 70 desa, Selat Panjang sebagai kota perdagangan penghasil sagu sekaligus sebagai ibukota kabupaten. Luas kabupaten Kepulauan Meranti adalah 3.707,84 km². Jumlah penduduk kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 216.329 jiwa berdasarkan sensus pada tahun 2010 dengan kepadatan.

Dalam wacana kedepan masih ada 3 kecamatan dalam tahap pemekaran yaitu Kecamatan Merbau Utara, Kecamatan Tebing Tinggi Timur dan Kecamatan Tebing Tinggi Tengah.

Dasar Hukum berdirinya Kabupaten Meranti adalah UU Nomor 12 Tahun 2009, tanggal 16 Januari 2009. Luas Kabupaten Meranti : 3707,84 km2, sedangkan luas Kota Selat Panjang adalah 849,50 km2.

Drs H. Syamsuar, Msi, adalah Plt Bupati Kepulauan Meranti, walaupun Plt tetap saja Drs H. Syamsuar, Msi sebagai orang yang pertama kali menjabat Bupati Kepulauan Meranti yang dilantik pada hari Selasa, 26 Mei 2009, oleh mentri dalam negeri Mardiyanto, sedangkan Drs. Irwan Nasir, MSi dan Drs. Masrul Kasmy, Msi adalah Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada yang dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 2010 sekaligus Bupati dan Wakil Bupati Pertama di Kabupaten Kepulauan Meranti. Sebagai Pemimpin Baru Kabupaten Kepulauan Meranti periode 2010 – 2015 dengan meraih 28.086 suara atau 32,96 persen dari suara sah dalam Pilkada Kabupaten Kepulauan Meranti yang diikuti 5 pasangan calon Bupati/ Wakil Bupati.

Kantor bupati Kabupaten Kepulauan Maranti terletak di jl.Dorak selatpanjang Timur. Kantor bupati dulunya menjadi kantor camat untuk Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Bengkalis sebelum terjadinya pemekaran Kabupaten Kepulauan Meranti.

2.2. Bidang-Bidang Usaha

Pada dasarnya kantor bupati merupakan sebuah kantor yang melayani masyarakat khusunya masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti dan masyarakat secara umumnya.Disamping melayani masyarakat kantor bupati dibantu oleh kantor-kantor lain yang terkait.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: