bab III

BAB III
LANDASAN TEORI

3.1. Relavansi Teoritis
Salah satu produk dari perkembangan Ilmu Pegetahuan dan Teknologi adalah Komputer. Pada perkembangan pertama generasi komputer, yang di perkenalkan setelah Perang Dunia II. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetic untuk menyimpan data.
Komputer pada generasi kedua Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum yang ada pada televise, radio dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai sejak tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.
Pada awal tahun 1960-an mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di Universitas dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan Komputer pada saat ini seperti printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi,dan program.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini,komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan seperti programme dan ahli sistem komputer.
Komputer Pada generasi ke tiga, walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian dalam komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini.Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Komputer genersi keempat bertujuan mengembangan komputer menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum.Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, Pada tahun 1981 memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982.Sepuluh tahun kemudian,65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil,dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop),atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
Komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima.Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence).
Walaupun mungkin realisasi masih jauh dari kenyataan,banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia.Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin.Fasilitas ini tampak sederhana.Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian daripada sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung. Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima.
Bagi Negara-negara berkembang seperti Indonesia, istilah komputer itu boleh dikatakan masih baru, meskipun sudah ada beberapa instansi pemerintah dan perusahaan-perusahaan yang telah lama memakai produk teknologi. Dalam era kemajuan teknologi komputer yang maju pesat dewasa ini masih banyak pimpinan instansi/perusahaan yang belum memahami fungsi komputer dan komputerisasi. Ada pemimpin yang menganggap komputerisasi adalah sebagai hal yang mewah dan hanya untuk Negara maju, tetapi tidak jarang terdapat pimpinan yang menginginkan komputerisasi demi gengsi semata, tanpa memperhitungkan kelayakan manfaatnya.
Kata Komputer berasal dari bahasa latin “Computare” yang diubah kedalam bahasa Inggris “ To Compute ” artinya hitung, dengan demikian maka komputer dapat diartikan sebagai alat hitung atau mesin1 . Akan tetapi istilah Computer itu, di Indonesia menjadi mesin hitung, maka imajinasi kita akan lain dengan makna dan tujuannya, artinya seolah-olah Computer itu disamakan dengan “Calculator”. Oleh karena itu istilah komputer tetap di Indonesiakan dengan perkataan Komputer, dimana huruf C diganti dengan huruf K.
Ada yang mengatakan bahwa komputer adalah mesin elektonik yang dapat menyimpan data (input) dan intruksi serta memproses berdasarkan intruksi serta memprosesnya berdarkan intruksi yang disimpan tersebut menjadi informasi yang berguna ( Output ).
Para ahli banyak berbeda pendapat mengenai pengertian komputer, namun dapat penulis simpulkan bahwa pengertian komputer adalah sebuah alat elektronik yang memegang peranan penting yang diciptakan untuk membantu tugas-tugas manusia dan dapat mengelola atau memproses data ( proses aritmatik dan logika) dengan bantuan program. Jika dikaitkan dengan judul yang penulis bahas maka dapat disimpulkan bahwa komputer adalah alat elektronik yang dapat membantu maringankan, memudahkan dan mempercepat tugas-tugas pegawai pada unitnya.Tugas-tugas yang dapat ditangani oleh komputer adalah penyimpanan data, pengolahan data yang meliputi proses perkalian, pembagian, penjumlahan, pengurangan, pengurutan dan pencarian data serta dapat menyusun bentuk laporan yang dibutuhkan serta mencetak data atau informasi (hasil pengolahan data) ke layar dan ke printer. Dengan banyaknya tugas-tugas yang dapat ditangani oleh komputer dalam proses pengolahan data ini, maka akan dapat membantu para staf dalam kegiatan sehari-harinya. Dengan demikian pekerjaan staf dapat dilakukan dengan mudah, cepat, akurat meskipun tugas yang kompleks sekalipun. Disini jelaslah bahwa komputer diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari-harinya.
Peranan komputer dalam kehidupan sehari-hari dapat dirasakan di segala bidang pekerjaan,seperti;
a. Bidang Bisnis
Komputer dapat membantu menyelesaikan pekerjaan rutin dibidang bisnis seperti administras, manajemen personalia, manajemen keuangan dan lain-lain.

b. Bidang Pendidikan
Komputer juga memiliki peranan yang sangat besar dibidang pendidikan.Dimana komputer dapat membantu dalam hal penyusunan kurikulum, metode pengajaran dan sebagainya.
c. Bidang Industri
Peranan komputer dibidang industri juga sangat besar, dimana ia juga dapat membantu suatu perusahaan memproduksi barang juga meningkatkan produktifitas, penekanan biaya, memperbaiki kualitas barang dan sebagainya.
d. Bidang Simulasi
Simulasi ini biasanya dikerjakan dangan menggambarkan atau mempresentasekan subjek yang akan disimulasikan dalam bentuk model matematis.

3.2. Sistem Informasi Manajemen
Sistem adalah kumpulan dari dua atau lebih elemen/komponen yang saling interaksi atau hubungan satu dengan yang lainnya untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan bersama-sama.. Informasi adalah hasil pengolah data yang dapat membantu proses penambilan keputusan.Dari kedua pengertian tersebut dapat diartikan bahwa sistem informasi adalah kumpulan berbagai sistem informasi yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan tersusun sedemikian rupa dalam mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Manajemen adalah suatu seni atau cara didalam mengendalikan dan mengelola orang-orang dan sumber daya yang ada untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dengan demikian Sistem Informasi Manajemen adalah suatu seni atau cara untuk mengelola berbagai macam informasi yang saling terkait agar dapat disajikan secara cepat, mudah dan akurat sehingga informasi tersebut dapat membantu para manajer atau pimpinan tersebut, dalam mengambil keputusan-keputusan penting. Keputusan yang diambil akan berdampak pada perkembangan organisasi yang dipimpin oleh para manajer atau pimpinan tersebut, akankah bertambah maju atau bertambah mundur tergantung pada keputusan yang telah dan akan diambil, juga akan dipengaruhi oleh keakuratan serta kecepatan informasi yang dibutuhkan sebagai bahan penunjang pengambilan keputusan. Untuk itu informasi sangat berguna sekali dalam kelaangsungan suatu organisasi, baik organisasi berskala kecil maupun besar.

3.3. Keunggulan Sistem Komputerisasi
Sistem komputersasi untuk bidang usaha yang mempunyai volume data yang besar sangat dibutuhkan, kerena dengan sistem komputerisasi akan dapat beberapa keuntungan, diantaranya:
1. Akan menghemat tenaga dan waktudalam pengolahan data dan menyajikan informasi.
2. Mengurangi kesalahan manusia (human error) dalam pengolahan data
3. Penyajian informasi lebih cepat
4. Manajemen penyimpaian file akan lebih baik

3.4. Keunggulan Sistem Sms Geteway
3.4.1 Pengertian SMS Gateway
Istilah Gateway dilihat pada kamus Inggris-Indonesia diartikan sebagai pintu gerbang . Namun pada dunia komputer, gateway dapat berarti juga sebagai jembatan penghubung antar satu sistem dengan sistem lain yang berbeda, sehingga dapat terjadi suatu pertukaran data antar sistem tersebut. Dengan demikian, SMS Gateway dapat diartikan sebagai suatu penghubung untuk lalu lintas data-data SMS, baik yang dikirimkan maupun yang diterima .
SMS sendiri adalah sebuah teknologi, yaitu teknologi yang memungkinkan untuk menerima maupun mengirim pesan antar telepon bergerak (ponsel). Teknologi baru ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1992 di Eropa oleh ETSI (European Telecommunication Standards Institute), dan pada awalnya menjadi suatu standar untuk telepon wireless yang berbasis GSM (Global System for Mobile Commonications) . Namun teknologi lain seperti CDMA dan TDMA pun memasukkan SMS ini sebagai fitur standar mereka. SMS Gateway dapat di manfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti bisnis, pendidikan, kompetensi dan kalkulasi data secara massal dalam waktu singkat.
Dengan Short Message Service (SMS), pengguna HP GSM dapat mengirim dan menerima berita/message singkat (biasanya sampai dengan 160 karakter). Text dapat berupa kata atau nomor atau kombinasi alphanumeric. SMS diciptakan sebagai bagian dari standar GSM Phase 1. Short message pertama yang dikirimkan adalah pada bulan Desember 1992 dari sebuah Personal Computer (PC) ke sebuah HP pada network Vodafone GSM di Inggris. Kalau short message ini dilakukan dengan huruf latin maka 160 karakter yang dapat dikirim, apabila non-latin seperti huruf Arab atau Cina jumlah karakter adalah 70.
Cara kerja SMS Seluruh operator GSM network mempunyai Message Centre yang bertanggung jawab terhadap pengoperasian atau manejemen dari beberapa berita yang ada. Bila seseorang mengirim berita kepada orang lain dengan HP-nya, maka berita ini harus melewati Message Centre dari operator network tersebut dan MC ini dengan segera dapat menemukan si penerima berita tersebut. MC ini menambah berita tersebut dengan tanggal, waktu dan nomor dari si pengirim berita dan mengirim berita tersebut kepada si penerima berita. Apabila HP penerima sedang tidak aktif, maka MC akan menyimpan berita tersebut dan akan segera mengirimnya apabila HP penerima terhubung dengan network atau aktif.
Fitur-fitur standar SMS Gateway, yaitu komunikasi SMS interaktif dua arah, SMS info on demand, SMS service settings, SMS Automatic Registration, polling SMS, pengiriman SMS Broadcast, pengiriman SMS ke Call Group, pengiriman SMS terjadwal, personalisasi SMS, antarmuka aplikasi berbasis web, buku alamat dan call group, manajemen pengguna, sistem security access serta sistem parameter. Fitur-fitur advance SMS Gateway, yaitu antarmuka dinamis untuk integrasi ke database perusahaan, SMS Remote Control, E-mail to SMS, SMS to E-mail, ekspansi modem GSM dan koneksi langsung ke SMSC via SMPP .
3.4.2 Manfaat dari SMS Gateway
Salah satu model komunikasi yang handal saat ini adalah pesan pendek short message system (SMS). Implikasinya, salah satu model komunikasi data yang bisa dipakai adalah SMS. Artinya, SMS tersebut harus bisa melakukan transaksi dengan database. Untuk itu perlu dibangun sebuah sistem yang disebut sebagai SMS Gateway . Pada prinsipnya, SMS Gateway adalah sebuah perangkat lunak yang menggunakan bantuan komputer dan memanfaatkan teknologi seluler untuk diintegrasikan guna mendistribusikan pesan-pesan yang di-generate lewat sistem informasi melalui media SMS yang di-handle oleh jaringan seluler. Secara khusus, sistem ini akan memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:
a. Akan saling bertukar data melalui sistem database yang telah di atur, selanjut akan memindahkan kepada penerima yang me-request.
b. Bisa membantu para Mahasiswa dalam mengetahui hasil nilai akhir (yang penulis bahas).
c. Bagi dunia per-Bankkan, bisa memudahkan para nasabah untuk mengetahui jumlah uang yang telah di tabungkan.
d. Bekerja lebih cepat dan bisa di akses selama 24 jam kecuali HP dan PC dinonaktifkan (Server).
e. Dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas perusahaan terhadap pelanggan karena memiliki sistem informasi manajemen SMS yang dimiliki dan dikelola sendiri.

3.4.3 Prinsip Kerja SMS Gateway
SMS Gateway merupakan perpaduan antara layanan telepon seluler dengan komputer, dimana komputer akan merespon secara otomatis setiap ada request perintah yang didapat via SMS, dan komputer akan mengirim jawaban dari request via SMS. Namun disini perlu diperhatikan mengenai aturan dalam mengirim SMS agar komputer dapat menterjemahkan apa yang di-request. Bayangkan dengan penerapan teknologi ini maka komputer akan dapat menggantikan seorang customer service atau layanan akademik dengan kerja yang lebih cepat dan standby 24 jam non stop (kecuali kalau servernya mati atau pulsanya habis ) .
Untuk kebutuhan SMS Gateway tidak terlalu belebihan dan juga fleksibel karena bisa dibuat dengan 1. PC maupun Notebook. Yang mutlak dibutuhkan adalah sebuah komputer, 2. sebuah ponsel dengan 3. kabel data (Kabel berantarmuka serial yang dapat menghubungi ponsel dengan PC) atau dapat munggunakan InfraRed dan piranti lunak sebagai SMS Gateway. Untuk menggunakan InfraRed anda membutuhkan sebuah ponsel yang juga memiliki fasilitas tsb, tapi tidak dianjurkan untuk kebutuhan SMS gateway karena komunikasi dengan InfraRed tidak terlalu baik (jika tergeser gampang putus).
Disini penulis 1.Menggunakan Linux sebagai Operating System, dimana linux merupakan system operasi terbuka yang popularitasnya semakin semakin menanjak untuk berbagai keperluan komputerisasi baik itu pengolahan database, internetworking atau keperluan lainnya system Linux diakui sangat handal, adapun Distro nya adalah Redhat, MySQL sebagai Database Server dan Gammu sebagai SMS Gateway

Untuk mengembangkannya, cukup punya satu komputer sebagai server, satu modem GSM atau HP yang memiliki fasilitas modem agar support dengan Protokol data unit (PDU).
Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi-aplikasi yang open source untuk melakukannya seperti dengan PHP, sehingga hal ini semakin mempermudah dalam melakukannya.

3.5. PHP
PHP singkatan dari PHP Hipertext Preprocessor yang digunakan sebagai bahasa script server-side dalam pengembangan web yang disisipkan pada dokumen HTML . PHP yaitu bahasa pemrograman web server-side yang bersifat Open-Source. PHP merupakan script yang menyatu dengan HTML dan berada pada server (server side HTML embedded scripting). PHP adalah script yang digunakan untuk membuat halaman web yang dinamis. Dinamis berarti halaman yang akan ditampilkan dibuat saat halaman itu diminta oleh client. Mekanisme ini menyebabkan informasi yang diterima client selalu yang terbaru/up to date. Semua script PHP dieksekusi pada server dimana script tersebut dijalankan PHP merupakan Software Open-Source yang di tulis menggunakan bahasa C. Pada awalnya PHP hanya digunakan untuk penerapan aplikasi berbasis web. Selain tingkat pemahamannya lebih mudah, PHP juga lebih Familiar di kalangan Web Master. Namun dalam perkembangannya, kini telah banyak di gunakan untuk aplikasi lainnya. Salah satunya inilah yang akan Penulis bahas yaitu SMS Gateway. Sebagai contoh ialah PHP dan MySQL telah menjadi suatu kepentingan dalam mengembangkan SMS Gateway ini. Misalnya seperti Polling SMS yang sering ada di Televisi, dimana PHP bekerja sebagai pemberi perintah untuk membalas SMS secara Otomatis. Sementara MySQL sebagai database yang menampung semua data yang dimasukkan. Begitulah PHP selain bahasa pemograman yang mudah difahami, PHP juga banyak digunakan sebagai Server-Side oleh banyak Web Master.

3.6. Sejarah Singkat PHP
PHP diciptakan pertama kali oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. Awalnya PHP digunakan untuk mencatat jumlah serta untuk mengetahui siapa saja pengunjung pada Homepagenya . Rasmus Lerdorf adalah seorang pendukung open-source. Oleh karena itu ia mengeluarkan PHP versi 1.0 secara gratis kemudian meluncurkan PHP 2.0.

Dilihat dari perkembangannya, bahasa pemrograman ini memiliki perkembangan yang sangat cepat dengan jumlah pemakai yang terus bertambah .
3.6.1. PHP/FI
Ini merupakan cikal bakal PHP yang sekarang. Pertama dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada 1995, pada awalnya dia menamakan script ini “Personal Home Page Tool” yang merupakan bahasa sederhana dari bahasa pemrograman C dimana Personal Home Page Tool ini dapat berkomunikasi dengan database dan bersipat Open-Source. Pada awalnya Rasmus membuat bahasa pemrograman ini bertujuan untuk menyimpan data pengunjung yang melihat biodata pada web sitenya. Perkembangannya, pada pertengahan tahun 1997 pemakai bahasa-bahasa PHP semakin banyak, terlihat dari jumlah statistik domain yang menggunakan PHP hampir lebih dari 50.000 website. Kemudian karena perkembangannya yang sangat pesat, Rasmus mengembangkan bahasa pemrograman ini, dan pada bulan November tahun 1997 muncul PHP versi 2.0 yang merupakan cikal bakal PHP 3.

3.6.2. PHP Versi 3
PHP Versi 3 merupakan versi penyempurna dari bugs-bugs pada PHP/FI versi 1.0 dan PHP/FI versi 2.0. PHP Versi 3 ini dikembangkan oleh Andi Gutmans and Zeev Suraski pada tahun 1997 yang berhasil ditulis secara sempurna pada waktu itu. Fasilitas tambahan PHP Versi 3 dibandingkan versi sebelumnya, selain tambahan fungsi-fungsi baru, juga mendukung beberapa akses ke banyak database, pengelolaan protokool, dan API. Dari versi 3 lah singkatan PHP muncul, yaitu PHP: Hypertext Preprocessor, dan pada tahun 1998 hampir 10% website di dunia menggunakan PHP sebagai web servernya.
3.6.4. PHP Versi 4
Pada musim dingin di tahun 1998, menulis ulang bahasa pemrograman PHP, untuk membuat ketangguhan bahasa pemrograman ini. Akhirnya pada pertengahan tahun 1999 diperkenalkanlah PHP versi 4.0 yang menggunakan script engine Zend untuk meningkatkan penampilan (performance) dan mempunyai dukungan yang sangat banyak terhadap ekstensi dan berbagai library beserta modul. PHP versi 4.0 ini juga mempunyai keunggulan dibandingkan versi-versi sebelumnya, diantaranya mendukung ke beberapa web server, fasilitas HTTP session, output buffer dan sistem keamanan. Pada perkembangannya, pada saat itu hampir 20% web server menggunakan bahasa pemrograman PHP sebagai interpreternya .
3.6.7. PHP Versi 5
Pada bulan Juli tahun 2005 muncul PHP versi 5.0 yang menggunakan Zend Engine 2.0 dengan penambahan beberapa fitur dan beberapa objek baru. Untuk informasi fitur-fitur baru dari PHP versi 5.0 ini, bisa lihat di http://www.zend.com/zend/future.php. PHP Versi 5 ini sangat mendukung pemrograman berbasis Object Oriented Programming alias OOP dan memang di peruntukan untuk OOP, hingga sekarang PHP terus dikembangkan.

3.7. Kelebihan-kelebihan PHP
PHP memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh bahasa script sejenis. PHP di fokuskan pada pembuatan script server-side yang bisa melakukan apa saja, seperti mengumpulkan data dari form, menghasilkan isi halaman yang dinamis dan kemampuan menerima dari Cookies.
PHP dapat digunakan pada semua sistem Operasi, antara lain linux, Unix, Microsoft Windows, Mac OS X, Risc OS. PHP juga mendukung banyak web server seperti Apache, Microsoft Internet Information Server (MIIIS), personal web Server (PWS), Netscape and Iplanet servers, Orelly Website Pro Server, audium, Xitami, Omni HTTPD dan masih banyak lagi lainnya.

3.8. Dimana PHP digunakan?
Sebagai mana diketahui bahwa secara umum PHP difokuskan pada Pemograman server-side sehingga memungkinkan untuk dapat membuat halaman Web, tidak salah memang jika digunakan hal itu, akan tetapi PHP dapat digunakan lebih dari itu.
Dalam hal ini ada tiga bidang dimana PHP bisa digunakan yaitu :
a. Pemograman server-side
Tidak perlu disinggung panjang lebar, bidang pertama ini merupakan sasaran pertama pengembangan PHP. Dalam bidang ini terdapat tiga komponen yang saling berhubungan, yaitu parser PHP (Modul server), Web server dan Browser.
b. Pemograman Command
Siapa sangka, ternyata PHP juga dapat membuat kode program yang mampu dijalankan meskipun tanpa menggunakan server atau Browser. Tentu saja cukup masuk akal, karena hanya memerlukan parser PHP untuk melakukannya.
c. Membuat Applikasi GUI Client side
Dalam mengimbangi popularitas PHP sebagai bahasa pemograman server-side yang sudah diakui berbagai kalangan, dikembangkan ekstensi untuk PHP bernama PHP-GTK. Melalui ektensi ini seseorang dapat membuat applikasi dekstop yang juga mampu berjalan pada berbagai sistem operasi.

3.9. MySQL
MySQL adalah sistem database yang digunakan di web. Pada dasarnya, sebuah database MySQL memungkinkan pengguna bisa membuat struktur database. MySQL dan PHP merupakan Kombinasi yang sudah cukup menyatu .
MySQL adalah database yang sering dipakai dalam kombinasi sistem yang menggunakan interface . Relasional di web-server di suatu tempat dalam rangka untuk menyimpan data atau mengotomatisasi prosedur.
MySQL adalah sebuah implementasi dari sistem manajemen basisdata relasional (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Setiap pengguna dapat secara bebas menggunakan MySQL, namun dengan batasan perangkat lunak tersebut tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam basisdata yang telah ada sebelumnya; SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian basisdata, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.
Kehandalan suatu sistem basisdata (DBMS) dapat diketahui dari cara kerja pengoptimasi-nya dalam melakukan proses perintah-perintah SQL yang dibuat oleh pengguna maupun program-program aplikasi yang memanfaatkannya. Sebagai peladen basis data, MySQL mendukung operasi basisdata transaksional maupun operasi basisdata non-transaksional. Pada modus operasi non-transaksional, MySQL dapat dikatakan unggul dalam hal unjuk kerja dibandingkan perangkat lunak peladen basisdata kompetitor lainnya. Namun demikian pada modus non-transaksional tidak ada jaminan atas reliabilitas terhadap data yang tersimpan, karenanya modus non-transaksional hanya cocok untuk jenis aplikasi yang tidak membutuhkan reliabilitas data seperti aplikasi blogging berbasis web (wordpress), CMS dan sejenisnya. Untuk kebutuhan sistem yang ditujukan untuk bisnis sangat disarankan untuk menggunakan modus basisdata transaksional, hanya saja sebagai konsekuensinya unjuk kerja MySQL pada modus transaksional tidak secepat unjuk kerja pada modus non-transaksional.
3.9.1. Sejarah MySQL
MySQL dikembangkan sekitar tahun 1994 oleh sebuah perusahaan pengembang software dan konsultan database bernama MySQL AB yang berada di Swedia . Waktu itu perusahaan tersebut masih bernama TcX Data Konsult AB, dan tujuan awal dikembangkannya MySQL adalah untuk mengembangkan aplikasi berbasis web pada client. Awalnya Michael “Monty” Widenius, pengembang satu-satunya di TcX memiliki sebuah aplikasi UNIREG dan rutin ISAM buatannya sendiri dan sedang mencari antarmuka SQL yang cocok untuk diimplementasikan ke dalamnya.
Mula-mula Monty memakai miniSQL (mSQL) pada eksperimennya itu, namun SQL dirasa kurang sesuai, karena terlalu lambat dalam pemrosesan query. Akhirnya Monty menghubungi David Hughes, pembuat MSQL yang sedang merilis versi kedua dari mSQL. Kemudian Monty mencoba membuat sendiri mesin SQL yang memiliki antarmuka mirip dengan SQL, tetapi dengan kemampuan yang lebih sesuai sehingga lahirlah MySQL. Tentang pengambilan nama MySQL, sampai saat ini masih belum jelas asal usulnya. Ada yang berpendapat nama My diambil dari huruf depan dan belakang Monty, tetapi versi lain mengatakan nama itu diambil dari putri Monty yang kebetulan juga bernama My.
3.9.2. Keistimewaan MySQL
MySQL memiliki beberapa keistimewaan, antara lain :
1. Portabilitas. MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, Free BSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga dan masih banyak lagi.
2. Perangkat lunak sumber terbuka. MySQL didistribusikan sebagai perangkat lunak sumber terbuka, dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara gratis.
3. Multi-user. MySQL dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
4. Performance tuning’, MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per-satuan waktu.
5. Ragam tipe data. MySQL memiliki ragam tipe data yang sangat kaya, seperti signed / unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp dan lain-lain.
6. Perintah dan Fungsi. MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).
7. Keamanan. MySQL memiliki beberapa lapisan keamanan seperti level subnetmask, nama host dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.
8. Skalabilitas dan Pembatasan. MySQL mampu menangani basis data dalam skala besar, dengan jumlah rekaman (records) lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.
9. Konektivitas. MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket (UNIX) atau Named Pipes (NT).
10. Lokalisasi. MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Dan sekararang bahasa Indonesia juga sudah disediakan.
11. Antar Muka. MySQL memiliki antar muka (interface) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).
12. Klien dan Peralatan. MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool) yang dapat digunakan untuk administrasi basis data dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.
13. Struktur tabel. MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan basis data lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle .

3.10. Protokol Data Unit (PDU)
Protokol Data Unit yang kemudian disingkat dengan PDU adalah : Paket data dimana pesan SMS dikemas bersama informasi tanggal, nomor tujuan, nomor pengirim, nomor operator, jenis skema SMS, masa valid SMS dan beberapa hal lain (tergantung jenis paketnya) .
Dalam proses pengiriman atau penerimaan pesan pendek (SMS), data yang dikirim maupun diterima oleh stasiun bergerak menggunakan salah satu dari 2 mode yang ada, yaitu: mode teks atau mode PDU. Dalam mode PDU, pesan yang dikirim berupa informasi dalam bentuk data dengan beberapa kepala-kepala informasi . Hal ini akan memberikan kemudahan jika dalam pengiriman akan dilakukan kompresi data atau akan dibentuk sistem penyandian data dari karakter dalam bentuk untaian bit-bit biner.
Contoh PDU yang diterima oleh HP (New SMS atau Inbox) berupa bilangan oktal adalah :
07 91 2658050000F0 04 0C 91 265836164900 00 00 506020 31133180 04 C830FB0D
Dengan keterangan sebagai berikut:
Oktet / Digit Hexa Keterangan
07 Panjang atau jumlah pasangan digit dari nomor SMSC (service number) yang digunakan, dalam hal ini adalah 7 pasangan (14 digit berikutnya)
91 Jenis nomor SMSC. Angka 91 menandakan format nomor internasional (misal +6281xxx). Untuk 081xxx menggunakan angka 81.
2658050000F0 Nomor SMSC yang digunakan. Karena jumlah digit nomor SMS adalah ganjil, maka digit paling belakang dipasangkan dengan huruf F. Kalau diterjemahkan, nomor SMSC yang digunakan adalah +62855000000 (IM3)
04 Oktet pertama untuk pesan SMS yang diterima
0B Panjang digit dari nomor pengirim (0C hex = 12 desimal)
91 Jenis nomor pengirim (sama dengan jenis nomor SMSC)
265836164900 Nomor pengirim SMS, yang jika diterjemahkan adalah +628563619400
00 Pengenal protokol, dalam hal ini adalah 0
00 Skema pengkodean SMS, juga bernilai 0
506020 311331 80 Waktu pengiriman, yang berarti 05-06-02 (2 Juni 2005), dan jam 13:31:13. Sedangkan 80 adalah Timezone yang digunakan.
04 Panjang dari pesan SMS, dalam hal ini adalah 4 huruf (dalam mode 7 bit).
C830FB0D Pesan SMS dalam mode 7 bit. Jika diterjemahkan kedalam 8 bit, lalu dirubah ke ASCII, maka didapat pesan ‘Halo’
Senarai PDU tidak hanya berisi pesan teks saja, tetapi terdapat beberapa meta-informasi yang lainnya, seperti nomor pengirim, nomor SMS Centre, waktu pengiriman dan sebagainya. Semua informasi yang terdapat dalam PDU, dituliskan dalam bentuk pasangan-pasangan bilangan heksadesimal yang disebut dengan pasangan oktal. Jenis PDU SMS yang akan digunakan adalah: SMS-Penerimaan (SMS-DELIVER) dan SMS-Pengiriman (SMS-SUBMIT) .
Dalam hal ini PDU bekerja sebagai SMSC, ketika seorang Pengguna mengirim pesan, maka yang menampung adalah PDU. Kemudian PDU akan menyampaikan pesan yang dikirim oleh pengirim itu ke nomor tujuan melalui nomor center. Maka itu jika setiap User membuka SMS dari HP maka user akan melihat adanya nomor center yang bertugas menyampaikan pesan kepada penerima.

Gambar di atas adalah sketsa kerja SMSC. Dalam hal ini sering disebut PDU. Untuk pembahasan konsep berikutnya yang sangat penting adalah Konsep PDU..
3.10.1 Mengenal Sistem Kerja PDU
1. Pada proses pengiriman SMS dari handphone, SMS tersebut tidak langsung dikirim ke handphone tujuan, tetapi terlebih dahulu dikirim ke SMS center (SMSC), kemudian dengan sistem store and forward SMS tersebut dikirimkan ke hadphone tujuan.
2. Dengan keberadaan SMSC kita dapat mengetahui status SMS, apakah sudah terkirim atau gagal terkirim. , SMSC akan mengirimkan pesan ke handphone pengirim bahwa SMS gagal dikirimkan
3.10.2.PDU Sebagai Bahasa SMS
Data yang mengalir dari SMSC harus dalam bentuk PDU (Protocol Data Unit) PDU berisi bilangan-bilangan heksadesimal yang mencerminkan bahasa I/O. PDU terdiri dari beberapa header yang berbeda pada saat kirim dari SMS ke SMSC dengan saat SMS diterima dari SMSC . PDU untuk mengirim SMS terdiri dari sebelas header yaitu:
1. SCA : Service Center Address adalah alamat (nomor) dari SMS Center (SMSC).
2. PDU Type : Informasi tentang SMS yang akan dikirim atau diterima
3. MR : Message Reference adalah acuan dari pengaturan pesan SMS
4. Destination Addres adalah alamat (nomor) tujuan yang terdiri atas penjangnya no tujuan.
5. PID : Protocol Identifier adalah tipe dari cara pengiriman pesan yang biasanya diatur dari handphone pengirim
6. DCS : Data coding scheme adalah rencana dari pengkodean data untuk menentukan kelas dari pesan yang berupa sms teks standar, flash sms, blingking sms. Pada data ini coding seheme hasilnya 00.
7. VP : Validity Period adalah lama waktu pesan SMS disimpan di SMSC apabila pesan tersebut gagal diterima oleh handphone penerima.
8. UDL : User Data Length panjang pesan
9. OA : Originator Address adalah alamat (nomor) dari pengirim, yang terdiri dari atas panjangnya nomor pengirim (Len), format dari nomor pengirim (Type Number), dan nomor pengirim (Originator Number).
10. UD : User data adalah pesan yang akan dikirim dalam format heksadesimal
11. SCTS : Service Time Stamp adalah waktu dari penerimaan pesan oleh SMSC penerima. SCTS terdiri atas tahun, bulan, tanggal jam, menit, detik, serta zona waktu.
3.10.3. AT Command sebagai bahasa komunikasi dengan Hyper Terminal
Di balik teks SMS yang diterima dan dikirim pada sebuah telepon seluler sebenarnya adalah berupa perintah AT Command yang bertugas mengirim atau menerima data dari dan ke SMS Center. Perintah AT Command tiap-tiap SMS device bisa berbeda-beda, setiap vendor biasanya memberikan referensi tentang daftar perintah AT yang tersedia atau bisa didownload di internet. AT Command digunakan untuk berkomunikasi dengan terminal melalui serial port pada komputer. Dengan menggunakan perintah AT, User dapat mengetahui kekuatan sinyal dari terminal, mengirim pesan, menambahkan item pada buku alamat, mematikan terminal dan banyak fungsi lainnya. Salah satu Software yang digunakan untuk mengetes perintah AT Command adalah Windows Hyper Terminal yang biasanya telah tersedia bersama windows installer, sehingga hanya perlu menambahkan Software tersebut dari control panel..
Tidak semua perintah AT digunakan pada program, yang diambil hanya yang diperlukan saja, misal untuk mengirim, membaca, menghapus dan menerima pesan dari terminal. AT Command yang umum digunakan adalah:
Tabel AT Command
AT Perintah Kegunaan
AT Mengecek apakah handphone telah terhubung dengan baik
AT+CMGF Menetapkan format mode dan terminal
AT+CSCS Menetapkan jenis encoding
AT+CNMI Mendeteksi pesan SMS baru masuk secara otomatis
AT+CMGL Membuka daftar SMS yang ada pada SIM Card
AT+CMGS Mengirim Pesan SMS
AT+CMGR Membaca Pesan SMS
AT+CMGD Menghapus Pesan SMS

AT Command sebenarnya hampir sama dengan perintah > ( prompt ) pada DOS. Perintah-perintah yang dimasukkan ke port dimulai dengan kata ATE1, lalu diikuti oleh karakter lainnya, yang memiliki fungsi unik. Contoh : ATE1 digunakan untuk menanyakan status port. Output “OK” akan tampak dilayar jika perintahnya sudah dijalankan.

3.11. Gammu
Gammu merupakan salah satu pustaka atau library open-source yang dibuat sebagai gateway antara Handphone dengan perangkat komputer. Pengembangan Gammu awalnya dari pendahulunya yaitu gnooki yang dari segi konsep masih sangat sederhana dan rumit. Namun pada gammu proses instalasi dan penerapan pembangunan aplikasi SMS semakin mudah. Ini merupakan jasa dari beberapa developer yang telah membangun gammu. Gammu dibuat menggunakan gabungan bahasa phyton dan C. ada juga versi lain yang telah dikemas menjadi aplikasi bernama wammu yang dibangun menggunakan bahasa C++. Penulis tidak membahas gammu secara mendetil mengenai kode-kode pembangunnya, melainkan disini penulis hanya menulis penerapannya saja. Gammu dapat di gunakan di semua Operating System. Baik itu Linux, Unix, Windows. Namun setiap OS memiliki proses instalasi yang berbeda-beda. Gammu memiliki arsitektur penerapan seperti di bawah ini.

Penjelasan :
No Perangkat Penjelasan
1 Handphone/Modem GSM Sebagai perangkat penerima SMS dan pengirim SMS. Handphone-handphone keluaran lama maupun baru dapat digunakan sebagai modem GSM. Masing-masing memiliki spesifikasi dan memiliki tipe koneksi yang berbeda-beda. Bicara masalah tipe koneksi, maka hal yang pertama harus mengetahui hal ini karena tipe koneksi berguna sekali untuk mengkoneksikan handphone/modem GSM ke perangkat komputer.
2 GAMMU Sebagai perangkat penerjemah interkoneksi protokol handphone agar bisa digunakan datanya pada perangkat komputer. Penjelasan ini bisa diartikan sebagai “Gateway”. Gammu menguasai setiap protokol-protokol atau fungsi-fungsi pada handphone, sehingga perangkat komputer dapat membaca tipe data dari handphone tersebut. Koneksi dari handphone menuju perangkat komputer menggunakan berbagai jenis perangkat. Menggunakan Kabel data, Infra Red atau bahkan menggunakan Bluetooth.
3 MySQL Merupakan perangkat back-end dari perangkat komputer. Data dari handphone atau modem GSM setelah “dikuasai” dan “diterjemahkan” oleh Gammu, diletakkan atau diarahkan menuju Database, Gammu menggunakan MySQL sebagai Database. Ini yang membuat perangkat komputer selanjutnya dapat mengolah data mentah SMS dari MySQL.
Untuk diketahui, bahwa fungsi Penyimpanan data SMS menuju MySQL melalui gammu ini, merupakan fungsi gammu yang paling mendasar. Sebenarnya ada fungsi pengarahan ke dalam bentuk text pada gammu, namun pada tulisan ini Penulis tidak membahasnya.
4 Server Perangkat Gammu dan MySQL server di letakkan pada perangkat komputer yang selanjutnya disebut Server atau SMS Gateway Server. Penggunaan Server ini dapat dikembangkan selanjutnya sesuai dengan keinginan untuk menggunakan data yang tersedia pada MySQL. Misalkan jika ingin mengolah data SMS dengan membangun aplikasi berbasis WEB, maka server harus menempatkan web server pada perangkat ini.
5 Client

Perangkat yang meng-implementasikan aplikasi yang telah dibangun untuk mengolah data SMS dari modem GSM. Aplikasi inilah yang disebut dengan Aplikasi SMS. User bisa berkirim SMS dan Menerima SMS dari perangkat Client. Jadi seolah-olah client merupakan perangkat handphone yang fungsinya bisa menerima dan mengirim SMS.
6
Tanda panah yang menunjukan proses Penerimaan data SMS. Diawali dengan masuknya SMS pada perangkat handphone atau modem GSM, lalu oleh GAMMU, SMS tersebut dialirkan ke MySQL pada perangkat server. Lalu Client Melakukan koneksi ke server untuk melihat data SMS pada MySQL menggunakan Aplikasi SMS.
7
Tanda panah yang menerangkan proses pengiriman sms. SMS dikirim melalui perangkat komputer client, dengan cara memasukan satu buat record ke dalam MySQL pada table “outbox”. Dengan adanya satu data masuk ke dalam table Outbox, secara otomatis gammu akan mengambilnya dan menerjemahkannya menjadi data yang dapat dibaca oleh handphone/modem GSM. Setelah itu tugas handphone yang mengirim SMS tersebut ke nomor tujuan.

Gammu telah banyak digunakan sebagai software pembantu dalam aplikasi SMS gateway dan telah memiliki kompatibilitas dengan sistem operasi Windows. Selain itu, perangkat handphone yang didukung oleh Gammu juga tergolong banyak, seperti Nokia, Sony Ericsson dan lain-lain. Di dalam pengoperasiannya, Gammu membutuhkan database standard MySQL.
Gammu merupakan sebuah software atau program yang dapat digunakan untuk mengontrol Handphone . Gammu ditulis di dalam bahasa C. Gammu menyediakan akses terhadap berbagai macam fitur yang terdapat di dalam Handphone. Fitur-fitur umum yang dapat diakses oleh gammu adalah sebagai berikut:
1. Mendaftarkan atau me-handling pemanggilan telepon.
2. Pengambilan backup dan sending SMS
3. Pengambilan MMS
4. Mendaftarkan export dan import Phonebook.
5. Mendaftarkan export dan import kalender
6. Pengambilan informasi Handphone dan jaringan. Akses terhadap file system Handphone.
3.10.1. Handphone atau Modem GSM Yang digunakan
Berbagai macam merk dan model Handphone serta modem GSM yang tersedia membuat gammu harus selalu meng-update perkembangannya. Ini berkaitan dengan masalah tipe koneksi (connection type). Mengapa connection type menjadi sangat penting pada Gammu? Karena connection type-lah yang menjadikan gammu dapat menggunakan protokol yang ada. Apabila salah memberikan setting connection type maka gammu tidak bisa menjembatani (baca: gateway) komunikasi data antara perangkat Handphone/modem GSM ke perangkat server. Tapi tidak perlu khawatir, karena team developer gammu telah membuat satu halaman berisi dokumentasi merk dan Model Handphone serta modem GSM beserta connection typenya. Bisa diaksesnya langsung pada website resmi gammu di http://www.gammu.org. Apabila pada halaman itu tidak menemukan merk dan model handphone atau modem GSM yang pengguna miliki, maka bisa menggunakan connection type yang sejenis dengan Handphone atau modem GSM tersebut.
Beberapa gambaran mengenai tipe koneksi, seperti misalnya apabila menggunakan Handphone dengan merk sony ericsson model W200i, diterangkan memiliki tipe koneksi “AT115200” kebanyakan model sony ericsson menggunakan tipe AT. Ada juga connection type lain yang digunakan merk Nokia seperti “fbus”. Dan masih banyak connection type lain yang dimiliki oleh merk Handphone tertentu. Silahkan kunjungi website resmi gammu.
Gammu juga membutuhkan konektor dan driver untuk Handphone/modem GSM yang akan digunakan. Konektor yang dimaksud seperti kabel data. Penggunaan kabel data sangat fleksibel, karena jarang memilki masalah yang rumit. Namun Selain kabel data, User juga bisa menggunakan konektor lain seperti infrared dan Bluetooth. Infrared terdapat pada beberapa merk Handphone yang sudah sangat lawas. Infrared juga tidak kalah handal dengan kabel data. Selain itu ada Bluetooth. Teknologi terbaru dan selalu update. Dengan Bluetooth server bahkan bisa saling berjauhan dengan Handphone. Bisa diletakan dimana saja dan SMS tetap bisa masuk ke perangkat komputer. Tentunya perangkat-perangkat konektor tersebut harus memiliki driver yang pas. Karena sering sekali akan menemukan permasalahan dimana driver Handphone atau modem GSM yang menggunakan jenis konektor tertentu, namun masih belum bisa koneksi dengan komputer. Ini biasanya akibat ada kesalahan dengan driver yang terinstall. Driver bisa didapatkan dalam paket pembelian Handphone/modem yang baru. Atau bisa juga di-download pada website resmi handphone atau modem.
Apabila ingin memulai membuat aplikasi SMS, carilah handphone dengan model yang tidak terlalu lama dan juga tidak terlalu baru. Gunakan kabel data sebagai konektor dan belilah Handphone atau modem lengkap dengan card driver. Apabila membangun aplikasi SMS yang lumayan besar, gunakan modem GSM khusus (bukan Handphone) karena modem GSM dapat melayani transfer data yang lumayan banyak. Sehingga apabila nantinya harus menangani data SMS yang sangat banyak maka tidak akan ada antrian .
1. Pada proses pengiriman SMS dari handphone, SMS tersebut tidak langsung dikirim ke handphone tujuan, tetapi terlebih dahulu dikirim ke SMS center (SMSC), kemudian dengan sistem store and forward SMS tersebut dikirimkan ke hadphone tujuan.
2. Dengan keberadaan SMSC kita dapat mengetahui status SMS, apakah sudah terkirim atau gagal terkirim. , SMSC akan mengirimkan pesan ke handphone pengirim bahwa SMS gagal dikirimkan.

3.12. Komponen Utama Komputer
Untuk memasukkan data kedalam komputer diperlukan suatua alat yaitu input. Kemudian data ini akan diolah atau diproses dalam Central Processing Unit ( CPU ), serta akan mendapatkan hasil outputnya. Pengolahan data dalam komputer dapat dibedakan atas dua yaitu :
a. Pengolahan data ( Data Processing )
Segala macam pengolahan terhadap data sehingga membuat data tersebut berguna berdasarkan hasil yang diinginkan.
b. Elektronic data Processing system ( EDPS )
Sistem pengolahan data dimana komputer memagang peranan utama. Secara garis besarnya komponen utama seluruh komputer baik micro, PC, super komputer ataupun yang lainnya terdiri dari tiga bagian utama yaitu ;
1. Perangkat keras ( Hardware )
Hardware adalah perlengkapan fisik yang diperlukan untuk melaksanakan berbagai fungsi pemrosesan data.
2. Perangkat lunak ( Software )
Software adalah perangkat lunak yang berupa intruksi yang menunjukkan langkah demi langkah yang mengarahkan komputer untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang dihapakan oleh pembuat program tersebut (Programmer). Perangkat lunak inilah yang memerintahkan komputer ini melakukan sesuatu, dengan lata lain Software inilah yang membuat komputer bermanfaat.
3. Pemakai ( Brainware )
Brainware adalah orang yang langsung atau tidak langsung mengoperasikan komputer. Brainware ini mempunyai beberapa tingkatan sesuatu seperti data entry operator, Programmer, computer operator, system analyst dan menager processing.

3.13. Tinjauan Bahasa Pemograman Netbeans
3.13.1. Sejarah Netbeans
NetBeans mengacu pada dua hal, yakni platform untuk pengembangan aplikasi desktop java, dan sebuah Integrated Development Environment (IDE) yang dibangun menggunakan platform NetBeans.
Platform NetBeans memungkinkan aplikasi dibangun dari sekumpulan komponen perangkat lunak moduler yang disebut ‘modul’. Sebuah modul adalah suatu arsip Java (Java archive) yang memuat kelas-kelas Java untuk berinetraksi dengan NetBeans Open API dan file manifestasi yang mengidentifikasinya sebagai modul. Aplikasi yang dibangun dengan modul-modul dapat dikembangkan dengan menambahkan modul-modul baru. Karena modul dapat dikembangkan secara independen, aplikasi berbasis platform NetBeans dapat dengan mudah dikembangkan oleh pihak ketiga secara mudah dan powerful.
Pengembangan NetBeans diawali dari Xelfi, sebuah proyek mahasiswa tahun 1997 di bawah bimbingan Fakultas Matematika dan Fisika Universitas Charles, Praha. Sebuah perusahaan kemudian dibentuk untuk proyek tersebut dan menghasilkan versi komersial NetBeans IDE hingga kemudian dibeli oleh Sun Microsystem pada tahun 1999. Sun kemudian menjadikan NetBeans open source pada bulan Juni tahun 2000. Sejak itu komunitas NetBeans terus berkembang.
Platform NetBeans adalah framework yang dapat digunakan kembali (reusable) untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi desktop. Ketika aplikasi berbasis platform NetBeans dijalankan, kelas Main dari platform dieksekusi. Modul-modul yang tersedia ditempatkan di sebuah registry di dalam memori, dan tugas startup modul dijalankan. Secara umum, kode modul dimuatkan ke dalam memori hanya ketika ia diperlukan.
Aplikasi dapat menginstal modul secara dinamis. Aplikasi dapat memasukkan modul Update Center untuk mengizinkan pengguna aplikasi men-download digitally-signed upgrade dan fitur-fitur baru secara langsung ke dalam aplikasi yang berjalan. Penginstalan kembali sebuah upgrade atau rilis baru tidak memaksa pengguna untuk men-download keseluruhan aplikasi lagi.
Platform NetBeans menawarkan layanan-layanan yang umum bagi aplikasi desktop, mengijinkan pengembang untuk fokus ke logika yang spesifik terhadap aplikasi. Fitur-fitur yang disediakan oleh platform NetBeans:
• Manajemen antarmuka (misal: menu & toolbar)
• Manajemen pengaturan pengguna
• Manajemen penyimpanan (menyimpan dan membuka berbagai macam data)
• Manajemen jendela
• Wizard framework (mendukung dialog langkah demi langkah)
NetBeans IDE adalah IDE open source yang ditulis sepenuhnya dengan bahasa pemrograman Java menggunakan platform NetBeans. NetBeans IDE mendukung pengembangan semua tipe aplikasi Java (J2SE, web, EJB, dan aplikasi mobile). Fitur lainnya adalah sistem proyek berbasis Ant, kontrol versi, dan refactoring.
Versi terbaru saat ini adalah NetBeans IDE 5.5.1 yang dirilis Mei 2007 mengembangkan fitur-fitur Java EE yang sudah ada (termasuk Java Persistence support, EJB-3 dan JAX-WS). Sementara paket tambahannya, NetBeans Enterprise Pack mendukung pengembangan aplikasi perusahaan Java EE 5, meliputi alat desain visual SOA, skema XML, web service dan pemodelan UML. NetBeans C/C++ Pack mendukung proyek C/C++.
Modularitas: Semua fungsi IDE disediakan oleh modul-modul. Tiap modul menyediakan fungsi yang didefinisikan dengan baik, seperti dukungan untuk bahasa pemrograman Java, editing, atau dukungan bagi CVS. NetBeans memuat semua modul yang diperlukan dalam pengembangan Java dalam sekali download, memungkinkan pengguna untuk mulai bekerja sesegera mungkin. Modul-modul juga mengijinkan NetBeans untuk bisa dikembangkan. Fitur-fitur baru, seperti dukungan untuk bahasa pemrograman lain, dapat ditambahkan dengan menginstal modul tambahan. Sebagai contoh, Sun Studio, Sun Java Studio Enterprise, dan Sun Java Studio Creator dari Sun Microsystem semuanya berbasis NetBeans IDE.
Sejak Juli 2006, NetBeans IDE dilisensikan di bawah Common Development and Distribution License (CDDL), yaitu lisensi yang berbasis Mozilla Public License (MPL).
3.13.2 Paket-Paket Tambahan NetBeans IDE
1. NetBeans Mobility Pack
NetBeans Mobility Pack adalah alat untuk mengembangkan aplikasi yang berjalan pada perangkat bergerak (mobile), umumnya telepon seluler, tetapi juga mencakup PDA, dan lain-lain.
NetBeans Mobility Pack dapat digunakan untuk menulis, menguji, dan debugging aplikasi untuk perangkat bergerak yang menggunakan teknologi berplatform Java Micro Edition (platform Java ME). Paket ini mengintegrasikan dukungan terhadap Mobile Information Device Profile (MIDP) 2.0, Connected Limited Device Configuration (CLDC) 1.1, dan Connected Device Configuration (CDC). Emulator dari pihak ketiga dapat diintegrasikan dengan mudah untuk lingkungan pengujian yang lebih kokoh. NetBeans Mobility Pack saat ini tersedia dalam dua klaster yang berbeda, yang satu memuat CDC dan yang lainnya CLDC.
2. NetBeans Profiler
NetBeans Profiler adalah alat untuk mengoptimalkan aplikasi Java, membantu menemukan kebocoran memori dan mengoptimalkan kecepatan.
Profiler ini berdasarkan sebuah proyek riset Sun Laboratories yang dahulu bernama Jfluid. Riset tersebut mengungkap teknik tertentu yang dapat digunakan untuk menurunkan overhead proses profiling aplikasi Java. Salah satu dari teknik tersebut adalah instrumentas i kode byte dinamis, yang berguna untuk profiling aplikasi Java yang besar. Dengan menggunakan instrumentasi kode byte dinamis dan algoritma-algoritma tambahan, Netbeans Profiler mampu mendapatkan informasi runtime aplikasi yang terlalu besar atau kompleks bagi profiler lain. NetBeans IDE 6.0 akan mendukung Profiling Point yang memungkinkan kita memprofilkan titik yang tepat dari eksekusi dan mengukur waktu eksekusi.
3. NetBeans C/C++ Pack
NetBeans C/C++ Pack menambahkan dukungan terhadap pengembang C/C++ ke NetBeans IDE 5.5. Paket ini memperbolehkan pengembang menggunakan sekumpulan kompiler dan alat sendiri bersama dengan NetBeans IDE untuk membangun aplikasi native untuk MS Windows, Linux, dan Solaris. Paket ini membuat editor mengenali bahasa C/C++ dan menyediakan project template, browser kelas yang dinamis, dukungan pembuatan file dan fungsionalitas debugger. Para pengembang juga dapat mengembangkan paket tersebut dengan fungsionalitas tambahan mereka sendiri.
4. NetBeans Enterprise Pack
NetBeans Enterprise Pack memperluas dukungan terhadap pengembangan aplikasi perusahaan dan web service di NetBeans IDE 5.5.
Enterprise Pack ini mengembangkan kemampuan untuk menulis, menguji, dan debug aplikasi dengan arsitektur berorientasi layanan (Service-Oriented Architecture) menggunakan XML, BPEL, dan Java web service. Paket ini menambahkan alat desain visual untuk pemodelan UML, skema XML, dan web service orchestration, juga dukungan untuk web service dengan menggunakan identitas yang aman. Paket ini juga menginstal dan mengkonfigurasi runtime yang diperlukan, termasuk mesin BPEL dan server manajemen identitas yang terintegrasi dengan Sun Java System Application 5.
5. Server.NetBeans Ruby Pack
Versi NetBeans 6.0 mendatang akan mengijinkan pengembangan IDE menggunakan Ruby dan Jruby, sebagaimana Rails untuk dua implementasi Ruby yang lain. Preview NetBeans Ruby Pack tersedia sejak rilis Milestone 7 NetBeans 6.
Ruby Pack memasukkan fungsionalitas editor seperti:
a. pengeditan dasar
b. pewarnaan sintaks untuk Ruby
c. pelengkapan kode
d. occurence highlighting
e. pop-up dokumentasi yang terintegrasi untuk pemanggilan Ruby API
f. analisis semantik dengan highlighting parameter dan variabel lokal yang tidak terpakai
6. NetBeans JavaScript Editor
NetBeans JavaScript Editor menyediakan perluasan dukungan terhadap Java Script dan CSS. Fitur-fiturnya antara lain:
1. Editor JavaScript
a. syntax highlighting
b. pelengkapan kode untuk objek dan fungsi native
c. semua fitur dalam editor NetBeans
d. pembuatan kerangka kelas JavaScript secara otomatis
e. pembuatan pemanggilan AJAX dari template
2. Ekstensi editor CSS
a. pelengkapan kode untuk nama-nama style
b. navigasi cepat melalui panel navigator
c. penampilan deklarasi aturan CSS di List View
d. penampilan struktur file di Tree View
e. mengurutkan outline view berdasarkan nama, tipe, atau urutan deklarasi (List & Tree)
f. pembuatan deklarasi aturan (hanya Tree)
g. pemfaktoran kembali sebagian nama rule (hanya Tree)
Cara menggunakan program NetBeans :

Kemuadian klik file pilih NEW PROJECT

Setelah itu klik NEXT

Kemudian isi Project Name dengan nama Project yang anda inginkan

Jika tampil seperti gambar dibawah anda bisa membuat modul di Suorce Peckages

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: