bab I

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Salah satu faktor yang memiliki peran penting dalam era globalisasi sekarang ini adalah faktor komunikasi. Dengan adanya sarana telekomunikasi telah mempersingkat jarak antara dua daerah meskipun salah satu daerah yang akan dituju berada pada belahan bumi yang sangat jauh. Pentingnya suatu informasi mengharuskan kita untuk mengikuti perkembanan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), baik di dunia bisnis maupun di dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.
Manusia memiliki berbagai alternatif yang beraneka ragam dalam memilih media komunikasi berupa surat, telpon, dan internet. Diantara 3 (tiga) media komunikasi dalam menyampaikan informasi ini, telpon merupakan media yang sangat banyak diminati masyarakat karena kepraktisan dan mobilenya (bergerak).
Rata-rata manusia di dunia memiliki Handphone (HP). Menurut riset manusia dan HP bagaikan saudara kembar siam. Setiap hari kita selalu membawa HP baik itu ke kantor, ke sekolah, ke kamar mandi, ke kampus dan di tempat-tempat lain yang kita pergi. HP merupakan alat teknologi yang kegunaanya tidak hanya sebagai alat untuk Short Message Service (SMS) dan telpon. HP sekarang sudah berkembang mengikuti perkembangan dunia teknologi yang sangat maju. Dari sedikit kegunaan HP di atas, pada saat ini HP bahkan bisa menjadi mini laptop yang berada di saku kita. Pada perkembangan ini HP bisa digunakan untuk internetan. Dalam perkembangan HP, dari HP yang biasa kita pakai, HP touch screen (layar sentuh) sampai HP Blackberry (BB). Kita bisa mendapat fasilitas SMS, Telpon, MMS, 3G, GPRS dan Internetan.
Perkembangan Ilmu Pendidikan dan Teknologi ada era globalisasi ini tidak didukung oleh banyaknya lapangan pekerjaan yang terbuka lebar. Di Indonesia angka kemiskinan masih cukup tinggi, salah satu factor yang mendasari adalah sangat minimnya lowongan pekerjaan, banyak sekali kita lihat para sarjana-sarjana yang mengganggur, bukan karena mereka tidak memiliki skil atau kemampuan, kurangnya kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan.
Pemerintah selaku penanggung jawab terhadap kejadian ini, membuat suatu program yang sedikit bisa memberi harapan kepada masyarakat, program yang setiap tahun diselenggrarakan dalam berbagai daerah di Indonesia untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sebelum kita menjadi seorang PNS kita terlebih dahulu harus mengikuti beberapa tes CPNS, tes dapat dilakukan jika kita telah lulus syarat-syarat administrasi berupa persyaratan umum dan persyratan khusus.
Setiap perusahaan maupun instansi pemerintahan yang memberikan pelayanan informasi selalu dihadapkan dengan persoalan yang saling berkaitan dengan kelancaran sistem proses pelayanan memberikan informasi.
Dalam pemasukan data yang dianggap penting harus selalu memperhatikan sistem pengamanannya. Apabila dalam hal ini menggunakan sistem manual sudah tentu akan memakan waktu, biaya, tenaga dan keamanan yang tidak terjamin.
Kantor Bupati Kepulauan Meranti Selatpanjang diharapkan dapat mengendalikan dan mengkoordinasi kegiatan menyimpan data secara efektif dan efisien serta dengan adanya cara kerja sistem basis data akan dapat memberikan informasi secara tepat, cepat dan akurat dari informasi yang telah diberikan.
Berdasarkan survei yang dilakukan pada Kantor Bupati Kepulauan Meranti Selatpanjang, maka penulis dapat menyimpulkan hasil sementara beberapa penghambat sebagai berikut:
a. Keterlambatan dalam pengaolahan data dan penyajian informasi
b. Proses pencarian data yang sangat lama
c. Sering terjadinya kekeliruan dalam menginput data
d. Sistem pemasukan data yang kurang terkontrol
e. Penyajian laporan-laporan yang kurang efektif dan efesien
f. Penyajian informasi dalam proses manual yang dilakukan dengan membuat suatu pengumuman di majalah dinding (mading) bahkan membuat pengumuman di dinding-dinding kantor atau instansi terkait.
Berdasarkan beberapa masalah diatas, maka penulis melakukan penelitian karya ilmiah yang berbentuk tugas akhir ini dengan judul “Sistem Informasi Kelulusan Administrasi CPNS dan Kelulusan Ujian CPNS Via SMS di Kabupaten Kepulauan Meranti”.

1.2. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan memperhatikan masalah-masalah diatas maka, penulis membatasi permasalahan yang akan dijadikan acuan pembahasan penulisan tugas akhir ini yaitu: “Bagaimana Sistem Informasi Kelulusan Administrasi CPNS dan Kelulusan Ujian CPNS Via SMS di Kabupaten Kepulauan Meranti dapat diproses dengan cepat, tepat dan akurat”.

1.3. Hipotesa
Hipotesa merupakan jawaban sementara yang harus diuji kebenarannya. Hiotesa dalam tugas akhir ini adalah: “ jika pelaksanaan pengumuman kelulusan administrasi CPNS dan kelulusan ujian CPNS di lalukan dengan via sms yang sudah terkomputerisasi di Kabupaten Kepulauan Meranti, maka akan dapat menghemat waktu, dan tenaga dalam melakukan aktifitas kerja”.

1.4. Tujuan Penelitian
Survei sistem yang penulis lakukan pada kantor bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Selatpanjang, bertujuan untuk kengetahui bagaimana jalannya dari arus data yang sudah ada dan ternyata disana belum melakukan sisten komputerisasi. Oleh Karena itu tujuan dari penulis yang sebenarnya adalah sebagai berikut:
a. Menerapkan ilmu yang penulis dapatkan selama mengikuti perkuliahan di Akademi Manajemen Informatika Komputer (AMIK) Selatpanjang.
b. Mempelajari sistem yang ada pada kantor bupati Kabupaten Kepulauan Meranti sehingga menembah wawasan dan pola fikir penulis.
c. Menembah wawasan dan pengetahuan dalam merancang program aplikasi menginput data CPNS dan menginformasikan dalam bentuk via SMS.
d. Memberikan salah satu solusi pemecahan masalah terhadap sistem data CPNS dan menginformasikan dalam bentuk via SMS pada kantor bupati Kabupaten Kepulauan Meranti.
e. Membuat tugas akhir sebagai salah satu syarat dalam mencapai gelar Diploma Tiga (D3) pada Akademi Manajemen Informatika Komputer (AMIK) Selatpanjang.

1.5. Metodologi Penelitian
Salah satu hal yang penting dalam mengembangkan sistem informasi adalah dalam memahami sistem yang ada. Oleh kerena itu, penulis melakukan penelitian pada kantor bupati Kabupaten kepulauan Meranti dari tanggal 21 Februari 2011 s/d 12 Maret 2011 untuk mengetahui aktifitas yang sebenarnya dalam proses menginput data dan menginformasikan kelulusan CPNS dan kelulusan ujian CPNS.
Dalam hal pengumpulan data yang merupakan dasar dari penyusunan penelitian ini, maka penulis melakukan penellitian dengan berbagai metode. Metode yang dipergunakan adalah:
1. Field research (Penelitian lapanngan)
Yaitu penulis melakukan penelitian secara langsung terjun ke lapangan pada kantor bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Selatpanjang., dalam hal ini penulis menggunakan alat dan teknik pengumpulan data dengan cara:
a. Observasi
Yaitu pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti guna mendapatkan kendala-kendala yang sedang dihadapi pada sistem yang sedang berjalan.
b. Wawancara (Interview)
Yaitu pengumpulan data dengan cara langsung mengajukan beberapa pertanyaan kepada karyawan yang terlibat dalam proses menginput data dan menyeleksi syarat-syarat dari CPNS dan mengumumkan hasil penyeleksian dan melakukan ujian CPNS hingga mengumumkan CPNS yang lulus menjadi PNS pada kantor bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Selatpanjang, dalam hal ini penulis melakukan wawancara langsung kepada pemimpin dan para pegawai/karyawan kantor bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Selatpanjang.

c. Dokumentasi
Yaitu pengumpulan data dengan cara mempelajari dan membaca buku-buku, literature-litertur serta bahan-bahan yang berhubungan penelitian ini, untuk mendukung teori yang berkembang yang membuka wawasan penulis, sehingga penyelesaian dan pembahasan lebih lengkap dan benar.
2. Library research (Penelian ke Perpustakaan AMIK Selatpanjang)
Teknik pengumpulan data dengan cara mempelajari dan membaca buku-buku, literatur-literatur serta bahan yang berhubungan dengan penelitian ini, untuk mendukung teori yang berkembang dan membuka wawasan penulis, sehingga penyelesaian lebih lengkap dan benar.
3. Laboraturiun research (Penelitian di Laboraturium)
Yaitu melakukan pengolahan data, analisa data dan mendesain sistem yang baru dengan menggunakan computer yang ada di Laboraturiun AMIK Selatpanjang.
4. Penelitian melalui Literatur Internet
Penulis memanfaatkan dunia maya sebagai literatur utama dalam studi kasus ini. Dimana ini lebih banyak membantu penulis mencari melalui wabsite. Dan beberapa mesin pencari utama seperti Google.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s